PACITAN RAWAN BENCANA, MARI KITA SIAGA.

Friday, October 26, 2012

PRESIDEN KUNJUNGI PAMERAN PRB - AMCDRR DI JEC

Berita BNPB - Setelah Presiden RI membuka resmi acara AMCDRR pada hari Selasa, (23/10/2012) kemudian dilanjutkan mengunjungi stand - stand pameran Pengurangan Risiko Bencana (PRB) AMCDRR di gedung Jogya Expo Center. Dalam kunjungan tersebut, Susilo Bambang Yudhoyono, mengunjungi stand BNPB, yaitu Komunikasi Mobile. Susilo mengetes mobil komunikasi dengan melakukan komunikasi via Komob ke stand Komob di Hotel Royal Ambarukmo dan Posdalop BNPB di Jakarta. Fungsi dari Mobil Komunikasi adalah sebagi pusat komunikasi di tempat kerja terkait bencana, pusat koordinasi antar pihak terkait, alat bantu pengumpulan data, informasi dalam mobil komunikasi dan pusat komando saat penanggulangan bencana . Susilo Bambang Yudhoyono katakan, "kegiatan pameran ini baik dan perlu ditingkatkan lagi agar masyarakat lebih waspada terhadap ancaman bencana"

Pameran ini resmi dibuka pada hari Senin (22/10) oleh Kepala BNPB, Syamsul Maarif di Halaman Pendopo Royal Ambarukmo Yogyakarta. Dalam sambutannya, Syamsul Maarif menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai forum untuk “bertukar pengalaman tentang praktek yang efektif dan pendekatan inovatif dalam pelaksanaan Hyogo Framework For Action, khususnya lima prioritas aksi di tingkat nasional dan lokal, yakni tata kelola, penilaian resiko, sistem pemantauan dan peringatan dini, pengetahuan dan pendidikan, faktor-faktor penyebab resiko dan kesiapsiagaan tanggap bencana,” tambahnya.

Pada pameran tersebut, kesibukan juga terjadi di salah satu stand di Asia Pasific Alliance for Disaster Management di JEC, Miho sebagai penjaga, katakan “pameran ini dilakukan sebagai ajang tukar informasi kebencanaan. Banyak pengunjung yang antusias datang pada pameran ini. Kami bahkan telah membagikan lebih dari 900 brosur dan buku dalam mitigasi bencana.”

Peserta pameran dari Indonesia terdiri dari Indonesian Geospatial Information Agency (BIG), Rekompak, TPT Rehab Rekon Merapi Jogja-DIY, National Agency for Disaster Management (BNPB), Ministry of Health, Disaster Risk reduction Indonesia dan National Development Planning Agency (Bappenas).

Sedangkan organisasi dari Negara yang mengikuti pameran yaitu: AHA Centre, Malaysia, Bangladesh, Humanitarian Futures Programme, European Commision, JICA Japan, USAID, UN-ISDR, UN System, World Bank, PMI, IFRC, Children in a changing Climate Coalition, ADPC, Lead Pakistan- CDKN-ODI, ADRRN, AIFDR, Govermen of Yogyakarta dan National Platform.

Peralatan mitigasi bencana yang dipamerkan yaitu EWS (Early Warning System), peringatan dini tanah longsor dari UGM, BPPT, LIPI. EWS Gunung Merapi dari PVMBG. EWS Tsunami dari BPBD Bantul, BMKG dan Tsunami Buoy dari BPPT. Komunikasi Mobile (Komob) dari BNPB, rumah darurat dari PKPU, sistem pengolaha air dari TNI AD, dan Identifikasi Korban Bencana dari POLRI.

Sumber : pusdatinmas

No comments:

Post a Comment